Everything Is In His Control

0
767
(Foto : ISTIMEWA)

Catatan Pnt. Carren Pandeiroth S.PSi (Ketua KPRJ GMIM Bait-EL Tuutu).

Likupang, 25 Mei 2017.

“Sebab rancangan-Ku  bukanlah rancanganmu, dan jalanmu bukanlah jalan-Ku, demikianlah firman TUHAN.” Yesaya 55:8

Beberapa tahun silam, tangan seseorang diberikan kesempatan untuk menanam pohon. Pohon ditanam oleh tangan tersebut di pinggir jalan. Seperti pohon pada umumnya yang ditanam di pinggir jalan, asumsi saya pohon tersebut hanya ditanam dan tidak dirawat oleh si penanam tadi. Dia hanya menanam saja. Tanpa menyiram, merawat dan memperhatikan apakah pohon yang tanamnya bertumbuh atau mati digilas kendaraan dipinggir jalan.

Tahun berlalu, tak ada yang menyangka bahwa suatu hari, pohon ini akan menyelamatkan nyawa sejumlah Pembina Remaja yang mengalami kecelakaan bus. Ya, bus yang kami tumpangi saat dalam perjalan menuju GMIM Maranatha Likupang – tempat kami akan melakukan kegiatan Latihan Tenaga Pembina Remaja tingkat Intermedit – mengalami kecelakaan, oleng dan nyaris terbalik hanya di jarak sekira 20 meter sebelum tempat tujuan kami. Syok dan tak menyangka. Melihat tempat tujuan yang sudah berada di depan mata dan harus mengalami kecelakaan.

Pohon kecil dipinggir jalan itu menjadi penopang bus yang nyaris terbalik. Walaupun ada yang mengalami luka ringan, namun kasih Tuhan nyata atas kami.

Beberapa poin yang yang menjadi kesaksian kami. Bahwa beberapa tahun silam, jauh sebelum kami mengalami kecelakaan malam itu, Tuhan melalui tangan seseorang sudah menempatkan pohon yang kemudian bertumbuh tepat ditempat kecelakaan. Semua ada dalam rencana-Nya, tak ada yang kebetulan. Dia tahu bahwa hal ini kelak akan menjadi kesaksian dari anak-anak-Nya.

Poin lain yang bisa kami ambil, bahwa kita tidak pernah tahu bahwa hal kecil yang kita lakukan hari ini bisa berdampak besar dalam kehidupan orang lain di kemudian hari. Orang yang menanam pohon tersebut dahulu pasti tidak tahu bahwa apa yang tanamnya kelak bisa menyelamatkan banyak nyawa.

Tak ada yang salah. Semua berjalan sesuai rencana-Nya. Bahkan ketika dunia mencemooh dan menghakimimu, jangan pernah berhenti melakukan kebaikan. Anda tak pernah tahu kapan hidup anda akan berbuah bagi orang lain. Anda tak bisa merencanakan bahwa di waktu tertentu ada orang yang akan tergerak oleh perbuatan anda. Tuhan bisa memakai anda kapan saja. Bibit yang anda tanam bisa berbuah hanya seturut kehendak-Nya.

Jangan berhenti dan jangan menyerah hanya karena dunia mengatakan yang anda lakukan itu salah. Percayalah semua ada dalam kendali-Nya. ***