Remaja GMIM Deklarasikan Tolak Narkoba

Remaja GMIM Deklarasikan Tolak Narkoba

Drs. Psi. Lengkana
Materi Penyuluhan dari Drs. Psi. Lengkana

Bitung, RemajaGMIM – Remaja Gereja Masehi Injili di Minahasa (GMIM) bertekad menolak segala bentuk narkotika dan obat-obatan terlarang (Narkoba).

Demikian yang disampaikan Ketua Komisi Pelayanan Remaja Sinode GMIM Pnt. Moody Rondonuwu saat menggelar penyuluhan bahaya narkoba bekerja sama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Sulawesi Utara dan Yayasan Tumbuh Kembang Persona, Minggu (19/6) di Jemaat Bahtera Lirang Wilayah Bitung 6 berlokasi di Pulau lembeh.

Ka Moody, panggilan akrabnya,  dalam sambutan mengatakan remaja GMIM harus berani berkata tidak pada narkoba, karena narkoba bisa merusak diri pribadi dan masa depan remaja.

“Dari daerah paling ujung wilayah pelayanan GMIM di Kota Bitung, remaja menyatakan tekad bersama Tolak Narkoba,”ujar Rondonuwu sambil mengajak seluruh remaja yang hadir saat itu meneriakkan yel-yel NARKOBA NO NO NO, PRESTASI YES..YES..YES.

Kegiatan yang diawali dengan beribadah bersama Jemaat GMIM Bahtera Lirang dipimpin oleh Pdt. Magrita Dalos, MTh yang mengambil bahan perenungan dalam Kitab Amsal 9 : 1 – 18.

“Hidup merupakan pilihan, maka kita jangan salah memilih, kita diperhadapan dengan pilihan hikmat atau kebodohan”ujar Pdt. Dalos.

Dalam khotbahnya Pdt. Rita mengatakan, tujuan hidup adalah memuliakan Tuhan untuk itu jemaat diajak untuk terus memuliakan Tuhan sepanjang hidup sekalipun pasti banyak tantangan dan pergumulan didalam kehidupan akan kita alami.

IMG20160619141931
Remaja Teladan Rayon Bitung dan Remaja Wilayah Bitung 6

“Bagi remaja, saat ini banyak tawaran-tawaran yang menggiurkan yang dapat merusak kehidupan generasi muda, seperti Narkoba, miniman keras, sex bebas, lgbt dan lain sebagainya. Makanya jangan jadi orang bodoh, jadilah pribadi yang berhikmat yang tahu memilih yang terbaik seturut kehendak Tuhan,” ujar Pdt. Rita yang juga Direktur Yayasan Tumbuh Kembang Persona.

Menurut Pdt. Rita, Orang yang menerima hikmat akan memperoleh kebahagiaan, jika kita sungguh-sungguh mengasihi Tuhan pasti kita berhikmat. Utk sukses kita harus mengasihi Tuhan, karna Tuhan tidak akan pernah meninggalkan kita.

Sementara, Ketua Badan Pekerja Majelis Jemaat GMIM Bahtera Lirang, Pdt. Ketty Kolantung David, STh menyambut dengan penuh sukacita kehadiran Ketua KPRS Pnt. Moody Rondonuwu dan Tim dari BNNP serta Yayasan Tumbuh Kembang Persona.

13501677_10208478597736235_4811202671965380972_n
Pnt. Moody foto bersama Ketua BPMJ Bahtera Lirang Pdt. Ketty Kolantung David, STh dan Tim Yayasan Tumbuh Kembang Persona beserta remaja dan pembina remaja Wilayah Bitung 6

“Kehadiran Ketua KPRS dan rombongan merupakan sukacita bagi Jemaat Bahtera Lirang, setelah beberapa waktu yang lalu sudah pernah berkunjung dan memimpin ibadah dari Komisi PKB, WKI, Pemuda, ASM dan Pimpinan BPMS dalam hal ini Bendahara Sinode sekarang kami kedatangan tamu istimewa dari KPRS, BNNP, Koordinatorium Rayon Bitung dan Remaja Teladan Rayon Bitung 2016,” Ujar Pdt. Ketty.

“Terlaksananya kegiatan Penyuluhan bahaya narkoba di Jemaat Bahtera Lirang juga tidak lepas dari koordinasi dengan Badan Pekerja Majelis Wilayah Bitung 6 lewat Ketua Komisi Pelayanan Remaja Wilayah Bitung 6 Pnt. Jamal Malintoi,” tambahnya.

Penyuluhan Bahaya narkoba disampaikan oleh Drs. Psi. Lengkana bersama Tim dari Yayasan Tumbuh Kembang Persona. Diawali dengan menerangkan tentang pengertian dari Narkoba yang termuat dalam Undang-undang no. 35 tahun 2009 tentang Narkotika.

“Narkotika adalah zat atau obat yg berasal dr tanaman atau bkn tanaman baik sintetis maupun semi sintetis yg dpt menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran hilangnya rasa, mengurangi hingga menghilangkan rasa nyeri dan menimbulkan ketergantungan,” ungkap Lengkana.

“Saat ini ada berbagai macam bentuk-bentuk narkoba, baik berupa pil, bubuk maupun cairan. Semua itu harus diwaspadai, terlebih saat ini ada yang berbentuk permen, atau ada yang dimasukan kedalam kopi, contoh kopi aceh,” ungkap Lengkana. Sambil menerangkan tentang pil Ekstasy, Ganja, Morfin, dan berbagai macam narkoba lainnya.

“Puncak kegiatan ditandai dengan deklarasi bersama remaja GMIM tolak narkoba, yang diawali dengan Perutusan remaja Teladan Rayon Bitung Glen Mashuri dan Rani Kaunde yang memberikan cap tanda telapak tangan kanan yang memberi arti REMAJA GMIM TOLAK NARKOBA, dan diikuti oleh seluruh remaja teladan rayon Bitung dan pembina remaja serta remaja Wilayah Bitung 6.” kata Koordinatorium Remaja Rayon Bitung, Pnt. Herold Barauntu.

Selain Ketua KPRS Pnt. Ir.Dwight Moody Rondonuwu, MT, turut hadir dalam kegiatan ini Koordinatorium Remaja Rayon Bitung, Remaja Teladan Rayon Bitung, Remaja dan Pembina se-Wilayah Bitung 6, Panitia Pemilihan Remaja Teladan Rayon Bitung tahun 2016 dan Badan Pekerja Majelis Jemaat GMIM Bahtera Lirang serta Pelayanan Khusus. (Herold/B2NG)

NO COMMENTS

Leave a Reply